38 Ribu Kendaraan Lewati GT Kalikangkung Saat Puncak Arus Balik Tahun Baru

Gerbang Tol Kalikangkung
Kendaraan pemudik saat melintas di Gerbang Tol Kalikangkung.

Semarang, Idola 92,6 FM-Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Tengah mencatat, ada puluhan ribu kendaraan meninggalkan provinsi ini pada liburan akhir tahun.

Puncaknya, tercatat ada 38 ribu kendaraan melintas di Gerbang Tol Kalikangkung menuju Jakarta maupun Jawa Barat.

Dirlantas Kombes Pol Sonny Irawan mengatakan berdasarkan pantauan di ruas jalan tol, arus kendaraan yang melintas di Tol Trans Jawa dan tol dalam Kota Semarang cukup padat. Pernyataan itu disampaikan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Menurut Sonny, meskipun terjadi kepadatan namun tidak sampai mengalami perlambatan atau penumpukan arus yang berarti.

Sonny menjelaskan, hasil pantauan di Gerbang Tol Kalikangkung jumlah kendaraan pada arus balik Tahun Baru masih di bawah jumlah arus mudik pada Natal 2023 kemarin.

Puncak arus mudik Natal terjadi pada Sabtu (23/12) yang mencapai 51 ribu kendaraan dengan puncak lintasan pada pukul 16.00 sampai 17.00 WIB di angka 3.068 kendaraan.

“Sedangkan untuk arus balik Tahun Baru mencapai puncaknya pada Senin (1/1), dengan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 38.020 unit. Titik tertinggi dicapai pada pukul 11.00 WIB sampai dengan 12.00 WIB di angka 2.728 kendaraan yang melintas,” kata Sonny.

Lebih lanjut Sonny menjelaskan, seluruh personel pengamanan Nataru masih tergelar di lapangan guna mengantisipasi situasi kamtibmas.

Termasuk, potensi peningkatan arus lalu lintas dari arah timur menuju Jakarta.

“Anggota yang terlibat dalam Operasi Lilin Candi 2023 masih siaga. Masih tergelar di lapangan guna mengantisipasi adanya bangkitan arus dari wilayah timur yg menuju ke wilayah baratnya,” tandasnya. (Bud)