Harga Telur Ayam Naik Turun Jelang Natal

Pasar Bandarjo Kabupaten Semarang
Aktivitas pedagang telur melayani pembeli di Pasar Bandarjo Kabupaten Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM – Pergerakan harga telur ayam di Pasar Bandarjo di Kabupaten Semarang, masih bisa berubah-ubah menjelang Hari Raya Natal 2022 atau saat Tahun Baru 2023 nanti.;Saat ini, sejumlah pedagang telur ayam di Pasar Bandarjo masih sepakat menjual di harga Rp27 ribu-Rp28 ribu per kilogramnya.

Sriana, pedagang telur ayam mengakui sebelum harganya menyentuh angka Rp28 ribu, dirinya sempat menjual dengan harga Rp30 ribu per kilogramnya. Hal itu dikatakan saat ditemui di tempatnya berjualan, Kamis (22/12).

Sriana menjelaskan, bisa saja saat mendekati Natal nanti harganya kembali naik atau malah turun. Naik atau turunnya harga telur ayam itu, tergantung dari pedagang besar atau peternak ayam yang menyetor ke pedagang besar.

Menurutnya, harga telur ayam saat ini terbilang fluktuatif atau naik turun tergantung kondisi sekarang.

“Harga telur sekarang turun jadi Rp28 ribu per kilogram. Itu untuk sementara, tapi engga tahu nanti gimana. Kemarin sempat harganya Rp30 ribu per kilogram,” kata Sriana.

Sementara itu pedagang telur lainnya di Pasar Bandarjo, Sugiasih juga mengakui jika harga telur ayam sedang turun.

Menurutnya, turunnya harga telur ayam sekarang tidak bisa diprediksi sampai berada lama.

“Sekarang sudah agak turun. Tadinya Rp30 ribu sekarang sudah jadi Rp27 ribu. Harganya naik turun enggak stabil kalau telur ini,” ucap Sugiasih.

Sugiasih menjelaskan, untuk komoditas lain yang dijualnya ada beberapa mengalami kenaikan harga tetapi tidak terlalu banyak.

“Bawang putih dan bawang merah naik tapi sedikit. Bawang merah itu Rp30 ribu kalau yang besar Rp35 ribu per kilo. Bawang putihnya itu Rp28 ribu,” jelasnya.

Dari pantauan yang ada di Pasar Bandarjo Kabupaten Semarang diketahui, minyak goreng curah dijual dengan harga Rp15.400 per liter dari sebelumnya Rp11.600 per liter dan untuk komoditas bawang merah dijual Rp32 ribu per kilogram serta bawang putih jenis kating dijual Rp26 ribu per kilogram belum ada kenaikan.

Sedangkan untuk jenis cabai-cabaian juga terjadi pergerakan harga di jenis cabai rawit hijau dari biasanya Rp45 ribu per kilogram menjadi Rp50 ribu per kilogram. Sementara cabai rawit merah dijual dengan harga Rp31 ribu per kilogram. (Bud)

Artikel sebelumnyaBI Jateng Gandeng Pemda Monitoring Harga Jelang Natal
Artikel selanjutnyaTim Urai Polda Jateng Siap di Jalur Tol Trans Jawa
Wartawan senior Radio Idola Semarang.