Wajib Tahu Lur, Optimisme Konsumen Jateng Tetap Kuat

Ndari Surjaningsih
Ndari Surjaningsih, Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah mencatat, optimisme konsumen terhadap perekonomian di provinsi ini tetap kuat.

Kondisi tersebut tecermin pada Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Maret 2024, tercatat sebesar 132,23 dan berada di atas level optimis (>100).

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jateng Ndari Surjaningsih mengatakan optimisme konsumen terhadap ekonomi provinsi ini yang tetap kuat, didukung hasil survei pada Kota Semarang dan Surakarta serta Purwokerto dan Kota Tegal. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, Rabu (24/4).

Menurutnya, hasil survei dari ketiga daerah itu selaras dengan hasil survei konsumen secara nasional.

Ndari menjelaskan, keempat daerah itu seluruhnya berada di atas level optimis dan masih selaras dengan hasil survei konsumen secara nasional.

“Optimisme konsumen yang tetap kuat ditopang oleh indikator saat ini, dan ekspektasi ke depan. Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini Maret 2024 tercatat sebe6117,89 dan didukung indikator penghasilan konsumen serta ketersediaan lapangan kerja dan konsumsi barang-barang kebutuhan tahan lama,” kata Ndari.

Lebih lanjut Ndari menjelaskan, untuk persepsi masyarakat terhadap kondisi ekonomi enam bulan ke depan berada di level 146,58.

Masih kuatnya IEK, didukung komponen ekspektasi penghasilan konsumen dan ketersediaan lapangan kerja serta kegiatan usaha.

“Kondisi keuangan konsumen selaras dengan optimisme terhadap perekonomian Jawa Tengah. Tingkat konsumsi masyarakat masih tetap terjaga,” pungkasnya. (Bud)