Natal dan Tahun Baru 2016, BI Prediksi Kebutuhan Uang Naik 10 Persen

Ilustrasi.

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Tengah Iskandar Simorangkir di Semarang, Rabu (14/12/16) memperkirakan kebutuhan uang tunai di masyarakat pada akhir tahun 2016 akan naik 10 persen seperti pengalaman sebelumnya pada 2015.

Menjelang perayaan Hari Raya Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, Kanwil BI Jateng akan menyiapkan uang tunai lebih guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Hal itu tidak lepas, terkait tradisi masyarakat khususnya umat Nasrani yang akan berbelanja kebutuhan untuk perayaan Natal.

Di samping itu, sebagian besar masyarakat memanfaatkan momen Perayaan Hari raya tersebut untuk pergi liburan bersama keluarga. Sehingga, pada akhir tahun, dirinya memerkirakan kebutuhan uang tunai di masyarakat terjadi kenaikan 10 persen di atas pola musimnya.

“Asumsi yang digunakan untuk menghitung kebutuhan uang tunai adalah petumbuhan ekonomi dan laju inflasi. Laju inflasi merupakan harga nominal, dan pertumbuhan ekonomi adalah harga riil,” ujarnya.

Disisi lain Iskandar memperkirakan, untuk pertumbuhan ekonomi di kwartal ketiga tahun ini mengalami penurunan dibanding kwartal sebelumnya. (DAN/R7/BA)