[PhotoEvent] Semarang Trending Topic, 29 September 2015, Rupiah Melemah, Ekonomi Goyah?

Radio Idola FM menggelar event Semarang Trending Topic, Diskusi Membangun Jawa Tengah, dengan mengusung tema “rupiah Melemah, Benarkah Ekonomi Goyah?” pada hari Rabu tanggal 23 September 2015 di Hotel Patra Jasa Semarang dengan sponsor utama Bank Jateng dan Neozep Forte.

Tema event ini dipicu oleh kondisi kinerja sektor riil selama semester I 2015 yang tidak hanya berada pada lampu kuning, namun sudah cenderung menuju lampu merah.

Indikasinya, tidak hanya penurunan volume produksi dan penjualan, bahkan banyak yang terpaksa menutup usahanya. Penurunan produktivitas sektor riil ini terlihat jelas, ketika triwulan I 2015 pertumbuhan sektor industri pengolahan hanya tumbuh 3,81%. Di sisi lain, pertumbuhan penjualan hampir seluruh produk mengalami penurunan yang cukup drastis, bahkan ada yang hingga 30%.

Mulai dari penjualan kendaraan bermotor, semen, tekstil, penurunan juga terjadi pada produk makanan. Itulah mengapa, beberapa perusahaan akhirnya mengurangi jam kerja bahkan melakukan PHK. Akibatnya, angka pengangguran pun meledak, di mana pada Semester I 2015 tingkat pengangguran terbuka diperkirakan kembali menyentuh sekitar 7,5%.

Yang menjadi bahan diskusi dalam event ini antara lain: Akan bermuara sampai dimanakah buah simalakama yang saat ini tengah dihadapi para pelaku usaha? Serta apa saja implikasinya bagi perekonomian masyarakat, khusus yang berada di Jawa Tengah? Benarkah, sektor riil juga semakin mendapat ancaman penetrasi impor, seiring dengan penurunan daya saing di pasar global?

Narasumber yang kali ini hadir, antara lain Iskandar Simorangkir (Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah V Jawa Tengah & DIY), Eddy Raharto (Ketua DPD Gabungan Pengusaha Ekspor Indonesia Jawa Tengah), dan Dr. Angelina Ika Rahutami (Ekonom dari Unika Soegijapranata Semarang).

Terimakasih kepada semua undangan yang sudah berkenan hadir dan turut berduskusi dengan penuh semangat.

Terimakasih juga kami sampaikan kepada semua pihak sponsor yang telah mendukung terselenggaranya event ini. Mudah-mudahan kerjasama yang baik ini akan terjalin semakin baik dan kuat di masa-masa mendatang.

Artikel sebelumnyaParamount Land Ground Breaking Paramount Village Di Semarang
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Semarang Trending Topic, 29 September 2015, Tema Semangat Berbagi