Ganjar Instruksikan Warga Untuk Laporkan Galian Ilegal

Ilustrasi. (photo: radarsolo)

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta kepada warga di provinsi ini serta Pemerintah Kota dan Kabupaten untuk ikut mengawasi praktik penambangan galian C ilegal yang beroperasi.

“Untuk mengawasi praktik penambangan galian C ilegal itu, pemkab atau pemkot juga harus terlibat melakukan sosialisasi. Daerah yang ada penambangan, bisa diberi tanda mana yang legal dan yang illegal,” katanya di Semarang beberapa waktu lalu.

Menurut Ganjar, hingga kini masih banyak penambangan galian C illegal di Provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu, menurutnya jika di wilayahnya ada kegiatan penambangan galian C, masyarakat dihimbau agar segera melapor ke aparat terkait.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa penambangan galian C ilegal biasanya selalu merugikan masyarakat. Penambangan illegal dinilai tidak memerhatikan aturan bahkan sampai membuat lingkungan rusak.

Sementara itu, Wakil Ketua komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, Hadi Santoso meminta pemerintah provinsi bisa meningkatkan keseriusannya dalam menangani persoalan pertambangan illegal.

Dia mengatakan salah satu caranya ialah dengan memermudah sistem perizinan dan meningkatkan sistem pengawasan penambangan galian C. (Budi Aris/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaSempat Lesu, Produk Air Minum Kemasan Bangkit
Artikel selanjutnyaGas 3 Kg Dapat Ditukar Dengan Bright Gas 5,5 Kg