Hanya 500 Agen, OJK Jateng-DIY Dorong Perbankan Ikuti Tingkatkan Laku Pandai

Semarang, Idola 92.6 FM – Kantor Regional III Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jateng-DIY terus mendorong perbankan yang belum mengikuti program Laku Pandai, untuk bisa mengikuti di tahun berikutnya.

Selain itu, perbankan yang sudah mengikuti, bisa meningkatkan jumlah agen Laku Pandai. Sehingga, semakin menjangkau masyarakat yang jauh dari kantor layanan perbankan.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Kanreg III OJK Jateng-DIY Hisbullah menjelaskan, pada tahun 2015, jumlah agen Laku Pandai hanya sekitar 500 agen.

Namun, di Jawa Tengah pada tahun 2016 jumlahnya meningkat menjadi 31.875 agen, serta di wilayah Yogyakarta ada 4.591 agen. Sehingga, total agen Laku Pandai di dua wilayah itu mencapai 57.991 agen.

”Secara nasional, agen Laku Pandai mencapai 160.489 agen. Pertumbuhan jumlah agen ini terletak dari bank yang sudah menjalankan program itu juga ikut bertambah,” Kata Hisbullah.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, pada 2017 mendatang pihaknya berharap ada pertumbuhan jumlah agen Laku Pandai dua kali lipat. Sebab, tingkat literasi keuangan di wilayah Jawa Tengah baru mencapai 19 persen, masih di bawah nasional yang mencapai di atas 21 persen.

Sementara, untuk jumlah tabungan masyarakat yang ikut program Laku Pandai di agen mencapai Rp43 miliar. (R7/ Budi A)