Aksi Polwan Cantik Ikut Kampanye Kreatif Festival Komukino USM 2017

Semarang, Idola 92.6 FM – Polwan-polwan cantik dari Satlantas Polrestabes Semarang yang bertugas mengamankan kegiatan rutin akhir pekan Car Free Day (CFD) di Jl Pahlawan Semarang ikut beraksi dalam “kampanye kreatif” mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Semarang (USM), Minggu (18/12/16).

Metode pembuatan video kampanye kreatif itu sendiri untuk menyosialisasikan kepada masyarakat dan mengajak untuk datang ke Festival Komukino ke-5 USM di Wisma Perdamaian kawasan bundaran Tugu Muda semarang pada 7-8 Januari 2017.

Festival Komukino merupakan acara tahunan dari program studi (prodi) Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM. Untuk kali ini, Festival Komukino akan menggunakan tema “Jawa Tengah Sae”, dimana seluruh keunikan dari seluruh karesidenan di Jateng ditonjolkan, misalnya Batik Pekalongan, atau Lumpia Semarang.

Bripda Gilang, Bripda Naila, serta tiga rekannya dan disela tugasnya berkeliling menggunakan sepeda bergabung dalam kampanye kreatif yang digagas mahasiswa USM mata kuliah Management Public Relation (MPR). Kampanye kreatif ini juga menyasar lebih banyak masyarakat dalam area CFD.

Teknisnya, mahasiswa mengajak masyarakat untuk memecahkan balon warna warni secara ramai-ramai yang berisi sepotong kertas. Setelah itu kemudian membacakannya serentak bersama-sama. Isi dalam balon warna-warni itu bertuliskan “Ayo Datang Ke Festival Komukino Tanggal 7-8 Januari 2017 Di Wisma Perdamaian”.

Sesuai dengan tajuknya “Jawa Tengah Sae” puluhan mahasiswa itu dalam kampanye kreatif membawakan tema seluruh Karesidenan di Jateng, yaitu Semarang, Surakarta, Banyumas, Pekalongan, Pati, dan Kedu.

Aulia Rahman, salah satu mahasiswa menjelaskan, seluruh kegiatan kampanye kreatif itu dikemas dalam video dokumentasi yang menarik untuk diunggah ke media sosial. Tujuannya untuk mendapatkan target partisipasi masyarakat yang lebih banyak dengan memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai strategi.

“Pembuatan video kampanye kreatif ini memanf strategi dengan memanfaatkan partisipasi masyarakat. Masyarakat di lapangan mengajak khalayak yang lebih banyak untuk datang mengikuti Festival Komukino pada 7-8 Januari 2017 mendatang,” urainya.

Lebih jauh, rencananya Festival Komukino mendatang akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dalam festival akan diperlombakan beberapa hal diantaranya, lomba Fashion Show Batik Pekalongan, food bazaar mewakili seluruh Karesidenan di Jateng. Kemudian, lomba presenter, performance dolanan, lomba menggambar anak. (DAN)