Hanya Satu Paslon, Atmosfer Politik Pati Unik

Pati, Idola 92.6 FM – Atmosfer politik di Kabupaten Pati, Jawa Tengah cukup unik dengan memunculkan satu pasangan calon saja untuk Pilkada serentak 2017 mendatang, demikian diungkapkan pengamat politik Universitas Diponegoro (Undip) Yulianto, di Semarang, Rabu (28/9).

Menurut Yulianto, munculnya calon tunggal pada Pilkada 2017 di Kab Pati, yakni Haryanto (petahana) berpasangan dengan Saiful Arifin merupakan hal yang baru di kancah perpolitikan wilayah tersebut.

“Ada keunikan, dulu pada pilkada 2012 di Kabupaten Pati sempat dilakukan pilkada ulang karena pertarungannya sangat ketat. Sekarang, justru hanya muncul satu pasangan saja dari petahana,” ujarnya.

Tidak adanya lawan politik, terang Yulianto, bisa jadi karena lawan-lawannya sudah melakukan perhitungan menang kalah sebelum melawan kandidat petahana itu.

Selain itu, jelasnya, partai politik juga sudah menghitung popularitas dan elektabilitas serta akseptabilitas dari petahana.

Sementara itu pengamat politik lainnya, Teguh Yuwono memiliki pendapat lain tentang munculnya satu pasangan di Pilkada Kabupaten Pati 2017.

“Calon tunggal pada Pilkada Pati 2017 merupakan wujud kegagalan partai politik dalam menyiapkan seleksi kadernya,” tutur Yuwono.

Lebih lanjut, seperti diketahui delapan dari sembilan parpol yang memiliki kursi di DPRD Pati bersepakat mengusung bakal pasangan calon Haryanto dan Saiful Arifin di Pilkada 2017.

Pasangan calon itu juga telah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab Pati pada Kamis (22/9). (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaGanjar Imbau Petahana Segera Ajukan Cuti
Artikel selanjutnyaMasyarakat Harus Sudah Memilik e-KTP Sebelum Pilkada 2017