Kudus Serius Jadi Wilayah Paku Bumi Pendidikan Vokasi

Kudus, Idola 92.6 FM – Kabupaten Kudus, Jawa Tengah serius menjadikan wilayahnya sebagai paku bumi pendidikan dengan mengangkat sekolah vokasi.

Setidaknya, Bupati Kudus Musthofa di Kudus, baru-baru ini mengungkapkan, mulai dari 2007 jumlah siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) di Kota Kretek itu terus mengalami peningkatan dengan tambahan siswa dari luar daerah yang menempuh pendidikan di SMK.

Dikatakan Musthofa, ada 28 jurusan yang dimiliki seluruh SMK di Kabupaten Kudus sampai dengan tahun 2016. Dari jumlah itu, delapan di antaranya merupakan jurusan unggulan yang didukung oleh Djarum Foundation.

Mustofa menjelaskan, sejak lama dirinya mencanangkan Kabupaten Kudus sebagai paku buminya pendidikan.

Sebab, kata dia, dari periode pertama menjabat sebagai Bupati Kudus, sudah memiliki perda tentang wajib belajar 12 tahun secara gratis.

“Meskipun Kudus tidak memiliki laut, kami ingin menguasai lautan Indonesia dengan menyiapkan anak-anak di SMK Pelayaran. Makanya kami bangun sekolah pelayaran,” tambah Musthofa.

SMK Wisudha Karya Kudus menjadi satu-satunya sekolah pelayaran tingkat SMK di Indonesia yang memiliki fasilitas full mission bridge simulator.

Selain jurusan pelayaran, jurusan unggulan lainnya di SMK di Kabupaten Kudus adalah tata busana dan tata boga. Jurusan tata boga menerapkan kurikulum yang mewajibkan para siswa menguasai minimal 30 ikon kuliner tradisional Indonesia.

Sementara itu, untuk jurusan tata busana Kudus menerapkan kurikulum perancangan busana menggunakan berbagai kain tradisional nusantara. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaTekan Angka Kecelakaan, Satlantas Jepara Manfaatkan Aplikasi Android
Artikel selanjutnyaGanjar Sebut Fokus Kurangi Angka Kemiskinan