Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Jepara Manfaatkan Aplikasi Android

2016-09-19-3_in2

Jepara, Idola 92.6 FM – Dewasa ini, bisa dilihat setiap warga rerata telah menggunakan gawai berbasis Android di dalam kehidupan sehari-harinya. Fenomena itulah yang coba ditangkap jajaran Satlantas Polres Jepara untuk meningkatkan kesadaran berlalulintas dan menurunkan angka kecelakaan.

Setelah sebelumnya sukses meluncurkan game edukasi tentang keselamatan berlalulintas yang diberi nama Petualangan Baseta, kini Satlantas Polres Jepara kembali meluncurkan beberapa aplikasi Andorid yang bisa diunduh di Playstore.

Keempat aplikasi berbasis Android itu, diberi nama Info Pajak Ranmor Jateng, Sii Rambo atau Informasi Identitas Kendaraan Berbasis Android, Si Lara atau Informasi Laka Jepara dan Aplikasi E–IKM Satlantas Jepara atau Elektronik-Indeks Kepuasan Masyarakat.

Kasat Lantas Polres Jepara Andhika Wiratama di Jepara, baru-baru ini mengatakan, selain layanan berbasis Android, jajarannya juga mengaplikasikan gambar tiga dimensi zebra cross yang disebut Z3DBLOCK.

Menurut Andhika, efek ilusi mata itu diterapkan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas. Sebab kasus kecelakaan di Jepara terjadi paling banyak karena kelalaian pengendara.

“Kami berharap dengan sejumlah upaya yang sudah dilakukan, angka kecelakaan lalu lintas terutama dari vatalitas bisa turun sampai 10 persen. Kami juga tetap menggiatkan sosialisasi tertib berlalulintas,” ujarnya.

Lebih lanjut Andhika menjelaskan, kasus kecelakaan lalu lintas tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Jepara, kecuali Kecamatan Karimunjawa dan Kembang.

Dikatakan, selama 2016 ini dua kecamatan itu tidak ada laporan tentang terjadinya kecelakaan lalu-lintas.

Sedangkan kasus kecelakaan lalu lintas terbanyak, berada di Kecamatan Tahunan yang mencapai 17 kasus hingga bulan Agustus 2016. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaOJK Sosialisasi Fungsi Asuransi Mikro
Artikel selanjutnyaKudus Serius Jadi Wilayah Paku Bumi Pendidikan Vokasi