Masyarakat Didorong Manfaatkan Lahan Pekarangan Untuk Ditanami

Semarang, Idola 92.6 FM – Badan Ketahanan Pangan (BKP) Jawa Tengah mendorong masyarakat agar bisa memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami komoditas pangan sehingga mampu mencukupi kebutuhan sendiri.

Kepala BKP Jawa Tengah, Whitono di Semarang baru-baru ini mengatakan, dengan memanfaatkan lahan pekarangan di rumah masyarakat bisa menekan biaya pengeluaran bulanan.

Sehingga, lanjutnya, dampaknya bisa menekan laju inflasi di Jawa Tengah. Pemanfaatan lahan pekarangan, bisa dengan menanam komoditas pokok misalnya cabai-cabaian, tomat dan juga sayuran lainnya.

“Masyarakat tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk belanja sehari-hari. Cukup ambil hasil dari tanaman itu,” ujarnya.

Whitono menjelaskan, dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk ditanami sayur mayur diharapkan gejolak harga bisa lebih dikendalikan.

Oleh karena itu, instruksi memanfaatkan lahan pekarangan harus bisa dipraktikan oleh masyarakat.

Sampai dengan saat ini, lanjut Whitono, BKP Jateng sudah memberikan bantuan kepada 3.000-an kelompok masyarakat untuk menyukseskan program pemanfaatan lahan pekarangan. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaMenangkal Ancaman Nyata Dari Dunia Maya Terkait Radikalisme
Artikel selanjutnyaOJK: Loyalitas Nasabah BPR/S Menguntungkan