Mendagri: Kalau Program Tidak Jalan Copot Saja Pejabatnya

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) meminta kepada kepala daerah untuk secara rutin 3 bulan sekali melakukan evaluasi kinerja jajaran di bawahnya sebagai wujud nyata untuk keberhasilan program kerja daerah.

“Buatlah forum rutin mengundang SKPD dan Camat, minimal 3 bulan sekali. Untuk apa? tanyakan program yang akan dikerjakan, kalau tidak memiliki program atau programnya tidak bisa jalan ya copot saja pejabatnya. Gak bisa kalau punya staf yang cuma bisa bilang ‘ya’ dan ‘nggah nggeh’ saja tapi kerjaan gak beres,” ujarnya dalam rapat koordinasi antara Gubernur se Jawa-Bali serta Lampung di Semarang, Kamis (29/9).

Menurutnya, instruksi dari dari Presiden Joko Widodo yang menginginkan percepatan kerja nyata/ harus didukung semua pihak hingga di tingkat pejabat kecamatan.

Program-program kerja dari Presiden Joko Widodo yang telah dicanangkan, kata Tjahjo, harus bisa dijabarkan mulai dari pejabat Gubernur, Bupati, Wali Kota hingga Kecamatan.

Kepala daerah harus secara rutin melakukan evaluasi kinerja jajaran di bawahnya agar bisa diketahui secara nyata pejabat di bawahnya mampu menjalankan tugas sesuai arahan dengan benar atau tidak.

Politikus PDI-P itu menjelaskan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo maka pemerintahan di daerah hingga kecamatan bisa menjabarkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan transparan. Selain itu, upaya reformasi birokrasi juga harus terus ditingkatkan. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaBali NTB NTT Wilayah Munculnya Radikalisme
Artikel selanjutnyaBank Jateng Syariah Raih Infobank Financing Awards 2016
Editor In Chief Radio Idola Semarang.