Pemberantasan Pungli Tergantung Sikap Pemimpin

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan untuk menghilangkan praktik pungutan liar (pungli) di setiap tempat layanan publik dibutuhkan sikap mental.

Menurutnya, pemberantasan pungli akan berjalan efektif bila ada keteladanan dari pemimpinnya. Namun, satu yang cukup penting adalah sikap pribadi untuk tidak meminta sesuatu demi jaminan bisa memudahkan urusan.

“Langkah awal untuk melakukan pemberantasan pungutan liar harus bersumber dari pemimpin tertinggi di daerah. Pimpinan jangan minta setoran,” ujar Ganjar di Semarang, Selasa (18/10/2016).

Ia menambahkan, bila di setiap kantor pelayanan publik bisa memberikan pelayanan maksimal dan memuaskan tanpa disertai pungutan liar maka tidak ada urusan birokrasi berbelit.

Terkait dengan pemberantasan pungli, Ganjar menegaskan dirinya akan langsung memecat jajarannya memberikan pelayanan kepada masyarakat namun dengan melakukan pungli.

Akan tetapi diakuinya, sulit melakukan pemecatan kepada pegawai yang terbukti melakukan pungutan liar akibat sistem di birokrasi. (Budi A/Diaz A)

Artikel sebelumnyaBupati Kebumen Minta KPK Buka Segel Kantor
Artikel selanjutnyaBPOM Diminta Permudah Izin Industri Jamu Rumahan