Mudik Lebaran, Dinhubkominfo Jateng Pasang CCTV Online Untuk Pantau Lalu Lintas

Semarang, Idola 92.6 FM – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Jawa Tengah akan memasang kamera CCTV yang bisa diakses secara online melalui telepon pintar. Pemasangan CCTV dimaksudkan untuk memantau jalan pada arus mudik dan balik Lebaran 2016 di provinsi ini.

“Pemasangan CCTV akan ditempatkan di jalur mudik, di persimpangan dan pertigaan. Masyarakat bisa mengaksesnya melalui smartphone Android,” kata Kepala Dinhubkominfo Jawa Tengah Untung Sirinanto baru-baru ini.

Dengan pemasangan CCTV itu pemudik bisa memasang aplikasi khusus yang bias digunakan untuk memantau situasi arus lalu lintas. Sehingga jika mengetahui ada kemacetan, pengguna jalan dapat memilih untuk mencari jalur alternatif.

Untung menambahkan, upaya pemasangan CCTV yang dipadukan dengan kemajuan teknologi sebagai upaya memberi pelayanan lebih kepada para pemudik yang masuk ke provinsi Jawa Tengah mengingat jalur di provinsi ini merupakan salah satu jalur utama seperti jalur pantai utara (Pantura).

Sementara itu pihaknya memprediksi, untuk jalur rawan kemacetan saat arus mudik dan balik Lebaran 2016 dimulai dari Kabupaten Tegal, Pekalongan, Kendal dan Kota Semarang. Kemudian di jalur tengah mulai dari wilayah Kota Salatiga, Kabupaten Semarang, Magelang, Boyolali, Kebumen serta Cilacap. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)