Pembanguan Bandara Ahmad Yani Semarang Rampung 2017

Ilustrasi Kompas

Semarang, Idola 92.6 FM – PT Angkasa Pura I Bandara Internasional A Yani Semarang memproyeksikan seluruh paket pekerjaan pembangunan terminal pesawat tersebut bisa rampung sesuai target pada 2017.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional A Yani, Priyo Jatmiko di Semarang, Jumat (5/8) mengatakan pembangunan serta perluasan arean termninal terbagi dalam empat tahap yang semuanya sudah berjalan.

“Untuk tahap kedua, yaitu pembangunan apron hampir selesai 100 persen. Kemudian kalau untuk tahap pertama, pengerjaannya baru mencapai 65 persen karena terkendala kondisi lahan dan cuaca,” ungkapnya,

Sementara, lanjut priyo, untuk paket ketiga dan empat saat ini dalam proses lelang. Namun demikian, antara satu paket dengan lainnya tidak saling menunggu pengerjaanya sehingga tidak mempengaruhi bagian pembangunan yang belum selesai.

“Paket kedua sudah selesai tinggal perapian dan perawatan rumput serta pembersihan bekas pekerjaan. Sementara untuk pekerjaan paket ketiga berupa pembangunan terminal, masuk proses lelang yang rencananya dilakukan pekan ini,” terangnya.

Menurut Priyo, pembangunan bandara baru yang digadang sebagai bandara diatas air pertama di Indonesia itu bisa selesai akhir 2017 akhir mendatang dan mulai beroperasi awal 2018.

Secara rinci, saat ini luasan terminal pesawat hanya 6.700 meter persegi. Apabila pengerjaan sudah selesai maka terminal pesawat itu memiliki luas sekira 58 ribu meter persegi dengan kapasitas enam juta penumpang per tahun. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPengamat Transportasi: Jalur Angkutan Umum Perlu Ditata
Artikel selanjutnyaKapolri Beri Kenaikan Pangkat Polisi Pencegah Bom Solo