Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah Lampaui Nasional

Margo Yuwono, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah. (photo: rri.co.id)

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, Margo Yuwono mengatakan pertumbuhan ekonomi di provinsi ini di atas nasional. Pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah pada triwulan pertama 2016 mencapai 5,1 persen dan posisi nasional dengan 4,9 persen.

Meski demikian, Margo mengungkapkan, ada catatan yang harus diperhatikan masing-masing pemerintah daerah di Jawa Tengah, yaitu pertumbuhan pada periode ini melambat dibanding periode sebelumnya. Jika pada triwulan pertama 2015 pertumbuhan diposisi 5,6 persen dibandingkan di periode yang sama tahun 2016 maka itu menunjukkan penurunan.

Pertumbuhan ekonomi tahun ini pun masih didominasi konsumsi rumah tangga dibandingkan dengan belanja pemerintah. “Secara perspektif jangka panjang tidak bagus. Seharusnya, bukan rumah tangga yang mendominasi struktur perekonomian di Jateng,” terang Margo.

Padahal seharusnya, yang seharusnya lebih berperan pada pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan dibidang ekspor. Ia memaparkan, ada dua alasan yang berdampak pada penurunan ekspor. Meliputi kondisi ekonomi di negara tujuan dan impor barang modal yang turun. (Budi Aries/Diaz Abidin/ Heri CS)

Artikel sebelumnyaPengamat: Pemerintah Mesti Benahi Jalur Selatan
Artikel selanjutnyaPelaku Kekerasan Seksual Anak Harus Diputus Cepat