Sentrinov 2016 Polines Jaring 71 Artikel Penelitian

Semarang, Idola 92.6 FM – Politeknik Negeri Semarang (Polines), Sabtu (15/10/2016) menggelar Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (Sentrinov) 2016 bertema “Inovasi Teknologi Cerdas dalam Pembangunan Bangsa Berkelanjutan” untuk memfasilitasi para peneliti, akademisi dan praktisi industri dalam mempresentasikan hasil riset mereka yang bersifat terapan dan inovatif.

Seminar yang digelar di Star Hotel Semarang ini bekerjasama dengan Politeknik Negeri Malang dan Politeknik Negeri Bali berhasil menjaring peserta yang berasal dari 11 institusi dari 6 provinsi di Indonesia dengan jumlah paper yang masuk sebanyak 71 artikel.

Sentrinov menghadirkan 2 pembicara yakni Pakar Konstruksi Sipil dan juga Head Education Research Center, Universitas Kebangsaan Malaysia Prof. Madya. Dr. Roszilah Hamid, dan Dr. Mohammad Faisal, seorang pakar ekonomi makro dan juga Direktur CORE (Center of Reform on Economics) Indonesia.

2016-10-17-2a

Sentrinov ini juga bekerja sama dengan IAES (Intitute of Advanced Engineering and Science) untuk mempublikasikan makalah-makalah yang terpilih dalam jurnal terindex Scopus (IJECE, Telkomnika, dan IJEECS) dan DOAJ (IJAAS). Disamping itu prosiding dari seminar ini akan terindeks oleh IPI Portal Garuda dan Google Scholar.

Dengan terlaksananya seminar ini diharapkan semakin mendekatkan hasil penelitian yang bersifat terapan dan inovatif ke tahap industrialisasi, komersialisasi dan pemanfaatan publik.

Dalam sambutannya, Direktur Polines yang diwakili oleh Ir. Ahmad Jamaah, MT selaku Wakil Direktur I menekankan pentingnya Sentrinov untuk proses diseminasi hasil penelitian dan meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi instusi perguruan tinggi di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan MoA antara Polines dengan Politeknik Polman Babel yang resmi bergabung dalam penyelenggara Sentrinov untuk tahun-tahun berikutnya.

Pada sesi penutupan diumumkan best paper untuk kategori teknik dan sosial, dimana untuk kategori teknik diperoleh oleh peserta dari Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman Babel), dan untuk kategori sosial diperoleh oleh peserta dari Universitas Diponegoro.

Sentrinov 2016 ditutup oleh Kepala P3M Politeknik Negeri Semarang Dr. Eng. Sidiq Syamsul Hidayat, ST. MT. yang ditandai dengan penandatanganan Berita Acara serah terima tuan rumah Sentrinov 2016. kepada tuan rumah Sentrinov 2017 yaitu Politeknik Negeri Malang yang diwakili oleh Dr. M. Maskan MSi. (Diaz A/Heri CS)