Jateng Didorong Inovasi Kebijakan Menuju Ekonomi Hijau

Peringatan Hari Otonomi Daerah
Sekda Jateng Sumarno saat memimpin upacara peringatan Hari Otonomi Daerah.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemprov Jawa Tengah mengajak semua pihak, untuk menerapkan kebijakan dan inovasi menuju ekonomi hijau.

Momentum Hari Otonomi Daerah menjadi pengingat, bahwa pemerintah daerah mempunyai wewenang untuk menyelesaikan masalah.

Sekda Sumarno mengatakan peringatan Hari Otonomi Daerah, maka daerah harus mampu mewujudkan ekonomi hijau. Hal itu dikatakan di kantor gubernur, kemarin.

Menurut Sumarno, tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke-28 “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”.

Sumarno menjelaskan, tema tersebut sejalan dengan visi misi Pemprov Jateng untuk menuju ekonomi hijau.

“Momentum Hari Otda ini menjadi pengingat bahwa pemerintah daerah punya wewenang untuk menyelesaikan masalah. Oleh karenanya, dalam membuat kebijakan agar selalu mempertimbangkan sisi lingkungan,” kata Sumarno.

Lebih lanjut Sumarno menjelaskan, di wilayah Jateng yang membutuhkan perhatian khusus terkait ekonomi hijau di antaranya adalah wilayah pesisir pantai utara Jateng.

Sebab, kondisi tersebut membutuhkan kebijakan dan terobosan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota.

Karena, tidak sedikit kerusakan lingkungan disebabkan pelanggaran terhadap peraturan dan kebijakan yang ada di pemerintah daerah maupun pusat.

“Kami berharap di Hari Otonomi Daerah ini, komitmen dan ketegasan bersama menegakan perda, peraturan tata ruang dan wilayah dan sebagainya,” pungkasnya. (Bud)