UMKM Harus Masuk Pasar Luar Negeri

photo: fokus-umkm.com

Semarang, Idola 92.6 FM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sering mengikutkan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam pameran agar mampu mengembangkan diri.

Asisten Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah, Djoko Sutrisno mengatakan akan terus mendorong pelaku UMKM agar mampu membuat produk yang layak jual di pasar luar negeri.

“UMKM harus terus berusaha meningkatkan produksinya, UMKM Jateng itu sebenarnya ditakuti negara lain, khususnya di kawasan ASEAN,” katanya di Semarang, Jumat (8/4).

Dengan seringnya penyelenggaraan pameran, pihaknya berharap para pelaku UMKM harus serius dalam berusaha dan mengembangkan usahanya.

Menurutnya, ada tiga hal penting yang harus dipertahankan dalam menjalankan sebuah UMKM. Yang pertama ialah kuantitas, kemudian kualitas serta yang terakhir kontinyuitas.

Dia mengungkapkan, bahwa kuantitas menjadi bagian terpenting karena menyangkut ketersediaan stok produk. Sedang kualitas, adalah upaya dalam menjaga mutu produk yang baik. Serta yang terakhir adalah kontinyuitas atau kesinambungan yaitu usahanya harus terus menerus berjalan.

Lebih lanjut, dia mengatakan, beberapa kendala yang sering dihadapi para pelaku UMKM adalah belum bisa melakukan manajemen bisnis yang baik. Selain itu, pengemasan atau packaging dari produk yang dihasilkan juga belum sempurna.

“Kedua hal itu, tidak lepas dari sumber daya manusia UMKM yang belum professional,” terangnya. (Budi Aris/Diaz abiding/Heri CS)

Artikel sebelumnyaRaskin Tepat Sasaran, Desa Akan Dapat Penghargaan
Artikel selanjutnya400 Buku Terkumpul Di Semarang Book Exchange