15 CCTV Pantau Pergerakan Arus Mudik Lebaran

Semarang, 92.6 FM-Sebanyak lima belas kamera pengintai atau CCTV dipasang Dinas Perhubungan Jawa Tengah, di sejumlah titik yang dianggap rawan kemacetan. Sehingga, petugas bisa mengetahui ketika muncul potensi kemacetan di jalur mudik dan segera diambil tindakan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Jalan Dinas Perhubungan Jateng Agus Sasmito mengatakan, ke-15 titik yang dipasang kamera CCTV di antaranya ada di pintu keluar tol Bawen, Gringsing, Kandeman, Sewaka, Gandulan, Simpang Blotongan Salatiga dan Simpang Kartasura Sukoharjo. Pemantauan kepadatan arus lalu lintas menjadi kewenangan Dinas Perhubungan, yang dikoordinasikan langsung Korlantas Mabes Polri.

Menurut Agus, salah satu upayanya untuk mengantisipasi kemacetan parah saat arus mudik Lebaran tahun ini dengan menggunakan moda transportasi masal. Misalnya kereta api atau bus.

“Kalau dari kita itu sekitar 15 CCTV yang dipasang di exit tol temporary. Tapi sekarang setiap instansi mulai perhubungan, kepolisian dan di dalam tol juga sudah ada CCTV-nya. Jadi, masyarakat kalau mau lihat situasi jalan gampang, tinggal buka aplikasinya,” kata Agus.

Agus menjelaskan, masyarakat pemudik yang memasuki wilayah Jawa Tengah bisa memanfaatkan aplikasi pemantau arus lalu lintas untuk menghindari kemacetan. Sehingga, masyarakat sendiri bisa menentukan rute yang akan ditempuh untuk bisa sampai ke kampung halaman. (Bud)

Artikel sebelumnyaH-1 Lebaran Jasa Marga Prediksi Puncak Mudik Masuk Tol Semarang
Artikel selanjutnyaDinhub Larang Bus Reguler Ubah Trayek Demi Raup Untung