Baru Capai 67,41 Persen, DJP Jateng I Optimistis Target Pajak Tahun Ini Terpenuhi

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng I Irawan mengatakan dari target penerimaan pajak yang ditetapkan tahun ini, baru terkumpul 67,41 persen. Artinya, masih banyak wajib pajak yang belum memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Padahal, pihaknya pada tahun ini menargetkan penerimaan pajak sebesar Rp31 triliun. Namun, sampai 26 November 2017 kemarin baru terealisasi penerimaan pajak sebesar Rp20,9 triliun.

“Sampai dengan 26 November 2017 kemarin, penerimaan pajak kita sudah mencapai 67,41 persen. Artinya, sudah terkumpul Rp20,9 triliun. Tapi kami optimistis, penerimaan pajak tahun ini akan melampaui tahun sebelumnya,” kata Irawan.

Lebih lanjut Irawan menjelaskan, pada tahun sebelumnya realisasi penerimaan pajak yang bisa dicapai sebesar Rp29,2 triliun. Angka tersebut tertolong dengan program Tax Amnesty atau pengampunan pajak, yang mencapai Rp8 triliun. Sehingga, jika dibandingkan penerimaan tahun sebelumnya dengan saat ini masih tumbuh positif.

Diketahui, di Jawa Tengah I sektor usaha yang memberi sumbangan penerimaan pajak terbesar berasal dari industri pengolahan. Nilainya mencapai 45,7 persen. Terutama dari pabrik rokok dan tembakau. (bud/her)

Artikel sebelumnyaKantor DJP Jateng I Sosialisasikan Aturan Baru Program Pengampunan Pajak
Artikel selanjutnyaKadin Kota Semarang Dorong UKM Buka Lapak di Mal
Wartawan senior Radio Idola Semarang.