Bawaslu Akan Segera Bentuk Panwaslu dan Panwascam Sebelum Gelaran Pilgub Jateng 2018

Semarang, 92.6 FM-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah akan segera merekrut panita pengawas pemilu (panwaslu) dan panwascam, untuk memantau pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 mendatang. Tahapan awal Pilgub Jateng 2018 akan dimulai pada Agustus 2017 nanti.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Jateng Teguh Purnomo mengatakan, perekrutan panwaslu akan dimulai pada Mei atau Juni 2017 karena di bulan ini sejumlah personel panwaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah purna tugas. Saat ini, yang dilakukan pihaknya adalah pembentukan panitia seleksi (pansel) di tingkat provinsi. Anggota dari pansel itu terdiri dari berbagai kalangan, baik dari akademisi maupun tokoh masyarakat.

“Sebelum tahapan dimulai, kami akan bentuk panwaslu di kabupaten/kota sampai kecamatan. Sehingga, ketika ada proses pemutakhiran daftar pemilih dan pendaftaran calon perseorangan, sudah bisa bekerja melakukan pengawasan,” katanya.

Mantan ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kebumen itu menjelaskan, setelah panwaslu di masing-masing kabupaten/kota terbentuk, maka dilanjutkan dengan seleksi petugas panwascam. (Bud)

Artikel sebelumnyaMasyarakat Bisa Manfaatkan Cabai Kering dan Cabai Bubuk Saat Harga Cabai Segar Mahal
Artikel selanjutnyaKomisi A: Dana Pilgub Jateng 2018 dan Pilkada Serentak 2018 Akan Dibahas Lebih Lanjut