BI Corner Jadi Wadah Perguruan Tinggi Perdalam Informasi Kebanksentralan

Salatiga, 92.6 FM-Sepanjang 2015-2016, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah telah mendirikan lima BI corner di wilayah Semarang dan sekitarnya. BI Corner keenam dibuka di kampus IAIN Salatiga, Senin (20/2).

BI Corner merupakan fasilitas yang diberikan Bank Indonesia (BI) untuk menambah pengetahuan dan literatur yang berkualitas di bidang ekonomi dan moneter. Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng saat membuka BI Corner di IAIN Salatiga mengatakan, BI Corner memberikan pemahaman tentang kebanksentralan yang diakui belum begitu luas diterima masyarakat.

Oleh karena itu, jelas Sugeng, melalui BI Corner ini, Bank Indonesia mencoba menjawab kekurangpahamanan masyarakat, terutama kalangan kampus tentang bank sentral. Melalui fitur yang disediakan, diharapkan masyarakat mengenal bank sentral dari sumbernya secara langsung. Semakin dekatnya Bank Indonesia dengan publik, akan menciptakan komunitas yang mengenal bank sentral lebih baik.

“Kami menyediakan koleksi pustaka terkini di BI corner, dan diharapkan bisa dimanfaatkan mahasiswa, dosen dan masyarakat sekitar. Saat ini ada 156 BI Corner di seluruh Indonesia dan 2017 menjadi 250 BI Corner, dan targetnya seribu BI Corner di 2024 mendatang,” jelas Sugeng.

Sementara itu, Rektor IAIN Salatiga Rahmat Hariyadi menambahkan, di kampus yang dipimpinnya ada sekira tujuh ribuan mahasiswa dari sejumlah kota di wilayah Kota Salatiga. Dengan pembukaan BI Corner di kampusnya, akan menjadikan kepercayaan bagi perguruan tinggi untuk berkarya dan mengabdi kepada masyarakat dan membangun Kota Salatiga.

“Kami sangat berterima kasih, karena kampus ini mendapat kepercayaan dari BI. Semoga, dengan kehadiran BI Corner di kampus bisa memberi manfaat bagi mahasiswa dan dosen,” ujarnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaMusthofa: Waduk Logung Harus Selesai Sebelum Saya Purna Tugas
Artikel selanjutnyaMendorong Penguatan Keadilan Sosial Di Tengah Kemajemukan Dan Sektarianisme?