Capaian Penerimaan Pajak Kanwil DJP Jateng I Baru 12 persen di Awal Tahun

Semarang, 92.6 FM-Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jateng I ditargetkan Rp31,6 triliun, untuk penerimaan pajak pada tahun ini. Jumlah itu mengalami penurunan, jika dibanding target penerimaan tahun sebelumnya yang mencapai Rp32 triliun.

Kepala Kanwil DJP Jateng I Irawan mengatakan, pencapaian penerimaan pajak hingga Maret 2017 ini baru mencapai 12 persen saja. Namun, realisasi pencapaian di awal tahun ini masih lebih bagus, karena ada pertumbuhan sebesar 48 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Menurut Irawan, masih rendahnya penerimaan pajak di awal tahun karena pada sebelumnya ada program Amnesti Pajak yang berpotensi memberikan dampak positif bagi perolehan pajak. Sedangkan untuk awal tahun ini, program Amnesti Pajak hampir selesai dan wajib pajak sudah mengikuti Amnesti Pajak di tahap pertama dan kedua.

“Wajib pajak yang terdaftar di Jateng I mencapai 1,5 juta wajib pajak, baik perorangan maupun badan. Yang menyampaikan SPT baru 700 ribu wajib pajak,” ujarnya, kemarin.

Lebih lanjut Irawan menjelaskan, tahun ini pihaknya optimistis jika target penerimaan pajak bisa terealisasi. Hal itu tidak lepas, karena sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah 2017 yang diperkirakan sama dengan tahun sebelumnya di kisaran 5,1 persen. (Bud)

Artikel sebelumnyaMasyarakat Diimbau Sampaikan SPT Sebelum Akhir Maret 2017
Artikel selanjutnyaMenakar Plus Minus Ekonomi Berbagi