Dinkes Jateng Buka Posko Kesehatan di Sepanjang Jalur Mudik dan Menyiagakan Puskesmas 24 Jam

Semarang, 92.6 FM-Dinas Kesehatan Jawa Tengah akan menyiapkan sejumlah posko kesehatan, yang disebar di jalur mudik Lebaran tahun ini. Yakni di wilayah pantura, jalur selatan dan tengah. Penyiapan posko kesehatan itu, nantinya dikoordinasikan bersama dinas kesehatan kabupaten/kota setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan, di posko kesehatan itu nantinya disiagakan dokter umum dengan didamping perawat dan sebuah mobil ambulan lengkap dengan pengemudinya. Posko kesehatan juga akan dilengkapi obat-obatan pendukung, yang sering dibutuhkan para pemudik.

Selain menyebar posko kesehatan yang menyatu dengan posko pengamanan milik jajaran kepolisian, jelas Yulianto, Dinas Kesehatan Jateng juga sudah menginstruksikan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) dan rumah sakit di jalur mudik, untuk buka selama 24 jam melayani pemudik. Sehingga, ketika terjadi kejadian di saat Lebaran, setiap puskesmas dan rumah sakit siap melayani.

“Setiap posko sudah ada dokter jaga, perawat dan ambulan. Kami juga sudah meminta puskesmas dan rumah sakit di jalur mudik, untuk selalu siap melayani pemudik yang membutuhkan pertolongan,” kata Yulianto.

Lebih lanjut Yulianto menjelaskan, pihaknya nanti juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada pengemudi atau sopir angkutan Lebaran. Karena, pemeriksaan kesehatan itu diaggap penting, untuk menghindari kecelakaan akibat faktor kelelahan dan mengantuk.

Pemeriksaan kesehatan itu meliputi tekanan darah, kolesterol, kandungan alkohol dan cek kesehatan lainnya. Pihaknya juga membuka posko kesehatan di pelabuhan laut, untuk memeriksa setiap penumpang yang berasal dari daerah endemik penyakit malaria. (Bud)

Artikel sebelumnyaJasa Marga Tambah Layanan Parking Bay Bagi Pemudik
Artikel selanjutnyaMenyoroti Wacana Rektor Dipilih Langsung Oleh Presiden