Jasa Marga Tambah Layanan Parking Bay Bagi Pemudik

Semarang, 92.6 FM-Bagi para pemudik yang melakukan perjalanan dari arah Lampung, Jakarta atau Jawa Barat menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur yang membutuhkan rest area, PT Jasa Marga (Persero) menyediakan fasilitas Parking Bay di beberapa titik di jalan tol Jakarta-Cikampek dan Palimanan-Kanci. Parking Bay merupakan rest area alternatif, yang menyediakan tempat beristirahat bagi pemudik tanpa adanya warung makan atau areal komersial.

AVP Corporate Communicaton PT Jasa Marga (Persero) Dwimawan Heru mengatakan, Parking Bay berbeda dengan rest area pada umumnya. Karena, Parking Bay hanya menyediakan beberapa fasilitas utama di rest area. Yakni kamar mandi, musala dan lahan parkir memadai.

Karena, fungsi utama dari Parking Bay adalah sebagai alternatif beristirahat bagi pemudik yang kelelahan selama menempuh perjalanan. Biasanya, Parking Bay hanya dibuka pada saat libur panjang dan saat Lebaran saja.

Heru menjelaskan, titik Parking Bay yang disediakan berada di tol Jakarta-Cikampek di KM 18, KM 41 dan KM 59. Untuk yang dari Jakarta ada dua titik, di KM 34 dan KM 58. Sedangkan di tol Palimanan-Kanci ada di KM 191.

Menurutnya, pembukaan Parking Bay hanya untuk menampung pemudik yang tidak bisa masuk di rest area biasa.

“Tidak ada warung makan atau tempat komersial, hanya tempat parkir, musala dan kamar mandi saja. Total ada lima titik di wilayah Jakarta-Cikampek dan satu titik di Palimanan-Kanci. Kami sedang atur, apakah di Parking Bay akan dibatasi waktu pemudik beristirahat atau tidak, agar bisa bergantian,” kata Heru.

Saat ini, lanjut Heru, seluruh Parking Bay dalam tahap penyelesaian pembangunan. Diharapkan, pada H minus 10 Lebaran, Parking Bay sudah bisa digunakan para pemudik.

Diketahui, setiap Parking Bay mampu menampung 80-90 mobil dan dua bus besar. (Bud)