Kapolda: Polisi Akan Optimalkan Penjagaan di Jalur Fungsional Tol Semarang-Batang

Semarang, 92.6 FM-Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Condro Kirono mengatakan, pembukaan jalur fungsional tol Semarang-Batang sampai di Gringsing Kendal saat Lebaran nanti, akan menjadi solusi memecah kepadatan di jalur pantura. Karena, biasanya kepadatan arus mudik terjadi di wilayah Kota Pekalongan. Mengingat, jalan di Kota Pekalongan sempit dan ada perlintasan kereta api.

Dengan pengoperasionalan jalur fungsional Semarang-Batang sampai Gringsing Kendal, jelas kapolda, pihaknya akan mengoptimalkan penjagaan di wilayah itu. Mulai dari penempatan anggota di setiap perlintasan jalan desa atau kabupaten, hingga pengalihan arus ketika jalur fungsional hanya di buka pagi sampai sore saja.

“Akan kita gelar peralatan kepolisian yang mendukung selama pengamanan Lebaran nanti. Khususnya, penjagaan di jalur fungsional tol Semarang-Batang sampai Gringsing Kendal. Kalau butuh peralatan SAR, kita ada dari Shabara dan Brimob,” kata Condro.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol. Royke Lumowa belum lama ini melakukan pemantauan di jalur mudik Jakarta ke Semarang. Pemantauan dipusatkan di jalan tol baru.

Rencana awal, jalan tol akan dibuka dari Brebes sampai Semarang. Namun, di kawasan Kabupaten Kendal dan Kota Semarang masih terkendala dengan pembebasan lahannya.

Pada tahun ini, pemudik akan punya banyak pilihan pulang ke kampung halaman. Jika dari arah barat ke timur, bisa melalui pantura dan masuk jalur fungsional tol Semarang-Batang hingga Gringsing Kendal. Untuk yang memilih jalur selatan, sudah ada flyover mulai dari Brebes sampai Purwokerto. (Bud)

Artikel sebelumnyaDPRD Jateng Minta Pemerintah Tindak Tegas Pemilik Bus Yang Tidak Laik Jalan Digunakan Sebagai Angkutan Lebaran
Artikel selanjutnyaJasa Marga Tambah Layanan Parking Bay Bagi Pemudik