Jasa Marga Tambah Seribu Lebih Toilet Portabel di Seluruh Rest Area

GT Kalikangkung
Kondisi terkini pergerakan arus mudik di GT Kalikangkung, Sabtu (30/4).

Semarang, Idola 92,6 FM – Jasa Marga menambah jumlah toilet di setiap rest area, di ruas jalan tol Trans Jawa guna melayani para pemudik untuk kebutuhan buang air kecil atau buang air besar. Total ada 1.061 toilet portabel yang disiapkan dan disebar di setiap rest area.

Direktur Bisnis Jasa Marga Reza Febriano mengatakan penambahan toilet portabel di rest area itu, terdiri dari toilet untuk wanita dan juga laki-laki. Pernyataan itu dikatakan saat melakukan pemantauan di GT Kalikangkung, Sabtu (30/4).

Reza menjelaskan, pengaturan di rest area tidak hanya penambahan toilet saja tetapi juga penataan parkir untuk menjaga kapasitas. Tujuannya, agar kapasitas parkir tidak terganggu di rest area dan berimbas pada kepadatan di ruas jalan tol sekitarnya.

“Dari sisi layanan rest area, ini tidak kalah penting. Bahwa untuk rest area, kita melakukan pengaturan terkait dengan trafik atau kondisi lalu lintas di dalam rest area. Sehingga, dipastikan jangan sampai terjadi penumpukan kendaraan yang ekornya mengganggu kelancaran yang ada di jalur. Bahwa di rest area, kita tetap menerapkan protokol COVID-19 secara ketat,” kata Reza.

Lebih lanjut Reza menjelaskan, pihaknya memberikan kemudahan secara maksimal kepada seluruh pengguna jalan tol dari arah Jakarta menuju ke wilayah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Mulai dari layanan transaksi dengan memaksimalkan jumlah gardu dari barat ke timur, ditambah petugas mobile reader guna membantu proses transaksi.

“Total ada enam mobile reader yang disiapkan di Gerbang Tol Kalikangkung ini,” jelasnya.

Reza berharap, segala upaya yang dilakukan bisa membuat arus mudik Lebaran tahun ini berjalan lancar dan tanpa hambatan berarti. Sehingga, potensi-potensi kemacetan atau ketersendatan sudah bisa diantisipasi sebelumnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBaznas Jateng Jadi Percontohan Nasional
Artikel selanjutnyaKapolri Bagikan Bingkisan Lebaran ke Janda Wartawan di Semarang