Gubernur: Semua OPD Provinsi Harus Bekerjasama Dengan OPD Kabupaten/kota Antisipasi Kemacetan

Semarang, 92.6 FM-Jawa Tengah setiap momentum Lebaran saat arus mudik, menjadi wilayah paling sibuk untuk menyambut para pemudik. Sehingga, antisipasi kemacetan arus lalu lintas dipikirkan sejak jauh hari.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, selama bulan puasa hingga menjelang Lebaran, telah berulang kali melakukan pemantauan sejumlah ruas jalan. Mulai dari jalur pantura, selatan sampai tol fungsional Batang-Gringsing.

Dengan secara rutin melakukan pemantauan di ruas jalan, jelas Ganjar, maka bisa dipetakan potensi kemacetannya. Titik-titik kemacetan yang bakal mengganggu perjalanan pemudik, harus segera diambil langkah pencegahan.

“Titik-titik kemacetan sudah kita deteksi. Ruas putar balik, SPBU dan pasar tumpah sudah kita ketahui dan dicarikan solusinya. Kita minta per OPD di provinsi harus bekerjasama dengan OPD kabupaten/kota. Kabupaten/kota saya kalau tidak mampu menanggulangi dengan cepat, kita bantu,” kata Ganjar.

Diketahui, bisa digunakannya ruas tol Brebes-Pemalang pada Lebaran tahun ini, diprediksi membuat titik kemacetan baru. Jika tahun kemarin kemacetan ada di wilayah Brebes, terutama di pintu keluar tol, tahun ini diperkirakan pindah di Kota Pekalongan. Sebab, di Kota Pekalongan tidak membuat jalan lingkar dan memiliki dua perlintasan kereta api. (Bud)