DKK Sediakan 13 Posko Kesehatan Untuk Melayani Pemudik

Semarang, 92.6 FM-Jajaran Dinas Kesehatan Kota Semarang pada arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, akan menyediakan 13 posko kesehatan yang disebar di sejumlah tempat. Di antaranya di Terminal Terboyo, Terminal Mangkang, Terminal Penggaron, ujung tol Setiabudi dan depan Puskesmas Purwoyoso.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Semarang Lilik Farida mengatakan, pembukaan 13 posko kesehatan itu untuk melayani pemudik dan masyarakat yang membutuhkan. Sehingga, penempatannya berada di lokasi strategis dan pusat keramaian.

Menurut Lilik, para pemudik yang melintas di Kota Semarang bisa memanfaatkan posko kesehatan secara cuma-cuma. Baik untuk memeriksa kesehatan atau sekadar beristirahat.

Posko kesehatan itu dibuka selama 24 jam, dan memberikan pelayanan kesehatan setara dengan puskesmas. Selain itu, juga disediakan obat-obatan yang dibutuhkan, termasuk dokter.

“Selain membuka posko kesehatan, kami juga menyiagakan puskesmas rawat inap yang siap 24 jam. Kalau puskesmas yang tidak ada fasilitas rawat inapnya libur dua hari, setelah itu buka seperti biasa,” kata Lilik.

Lilik menjelaskan, untuk pembukaan posko kesehatan itu sudah dikoordinasikan dengan Dinas Perhubungan dan dinas terkait lainnya. Pihaknya juga menyediakan ambulan jika dibutuhkan, dan ditempatkan di lima titik untuk digunakan pada saat terjadi keadaan darurat.

Sementara itu, terkait dengan imbauan dari Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Kota Semarang siap membantu wilayah Kabupaten Kendal dan Batang, jika terjadi keadaan darurat seperti tahun kemarin di Brebes exit timur. (Bud)

Artikel sebelumnyaGubernur: Semua OPD Provinsi Harus Bekerjasama Dengan OPD Kabupaten/kota Antisipasi Kemacetan
Artikel selanjutnyaDinhub Jateng Berlakukan Pembukaan Tol Fungsional 24 Jam Khusus H-2 dan H-1 Lebaran