Menkes: Pemudik Saya Imbau Istirahat Setiap 4 Jam Sekali Jika Lakukan Perjalanan Jauh

Pemudik yang kelelahan memanfaatkan posko kesehatan milik Dinas Kesehatan Jateng di GT Kalikangkung.

Semarang, Idola 92.6 FM – Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kepada masyarakat pemudik, agar memersiapkan segala kebutuhan sebelum melakukan perjalanan mudik. Terutama, membawa air minum yang cukup dan juga obat-obatan pribadi jika dibutuhkan.

Menurutnya, pihak Kementerian Kesehatan dan jajarannya hingga Dinas Kesehatan kabupaten/kota sudah melakukan sosialisasi dan imbauan kepada pemudik untuk melakukan pengecekan kesehatan sebelum menempuh perjalanan ke kampung halaman.

Nila menjelaskan, pihaknya juga telah menyiagakan seluruh puskesmas dan rumah sakit di sepanjang jalur mudik untuk melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. Sedangkan bagi para pemudik, diimbau bisa memanfaatkan posko kesehatan yang dibuat untuk beristirahat sambil memeriksa kesehatan.

“Dan kami mengimbau untuk setiap empat jam istirahat. Oleh karena itu, ada rest area dan posko-posko kesehatan. Kalau ada kebutuhan bisa cek kesehatannya. Jadi, tim kesehatan ini siap 24 jam. Ada puskesmas dan rumah sakit yang terbuka 24 jam. Dan kami juga punya PSC 119. Kalau ada yang butuh, bisa telepon 119,” kata Nila ketika kunjungan ke GT Kali Kangkung bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, kemarin.

Lebih lanjut Nila menjelaskan, setidaknya ada 188 Public Service Center (PSC) di sejumlah daerah di jalur mudik.

“Kami juga menyiapkan ambulans roda dua sebagai quick respon ketika ada kejadian yang butuh pertolongan pelayanan kesehatan secara cepat,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemudik Diminta Waspadai Aksi Begal, Ini Kata Kapolri Saat di Semarang
Artikel selanjutnyaLebaran, PLN Beri Diskon 50 Persen Untuk Biaya Sambungan Baru
Wartawan senior Radio Idola Semarang.