Ini Yang Harus Di Lakukan Civil Society Agar Negeri Ini Tidak Gaduh

Semarang, Idola 92.6 FM – Dalam sidang kabinet paripurna di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta Senin lalu, Presiden meminta kondisi politik dijaga agar tetap kondusif. Presiden minta agar jajaran pemerintahannya tidak bertindak dan bertutur kata yang membuat masyarakat khawatir dan bingung.

Pada sidang kabinet yang juga dihadiri Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan Kepala BIN Budi Gunawan itu, Presiden juga menegaskan bahwa sebagai kepala pemerintahan, kepala Negara, dan panglima tertinggi angkatan darat, laut, dan udara, dia memerintahkan semua pimpinan lembaga dan lembaga Negara fokus pada tugas masing-masing. Terus bekerja sama, terus bersinergi, jaga stabilitas politik, jaga stabilitas ekonomi dan tingkatkan kinerja kita.

Kita sepakat, kegaduhan harus dihentikan dan kinerja harus ditingkatkan. Lalu, bagaimana civil society bisa mendorong pemerintah agar tetap mengoptimalkan kinerja dan mengurangi kegaduhan memasuki tahun politik?

Berikut perbincangan Bersama Hendri Satrio, Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina dan Prof Purwo Santoso, Guru Besar Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UGM. (Doni Asyhar)

Purwo Santoso:

Hendri Satrio: