KPU: Logistik Kotak Suara Dari Karimunjawa Sedikit Terkendala Rekapnya

Semarang, 92.6 FM-Sehari setelah proses pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 di tujuh daerah di Jawa Tengah, dinyatakan berjalan lancar, aman dan tanpa kejadian menonjol. Meskipun di beberapa daerah yang menggelar pilkada terjadi bencana alam berupa banjir, rob dan tanah longsor, namun masih bisa terkendali dan tetap berjalan.

Ketua Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan, secara keseluruhan memang pelaksanaan Pilkada Serentak 2017 di tujuh daerah berjalan lancar. Bahkan, proses pengiriman kotak suara di lima kabupaten/kota sudah berjalan lancar dan hanya Kabupaten Brebes serta Cilacap pada Kamis (16/2) siang ini ditunggu selesai 100 persen.

Namun demikian, ia mendapat informasi di Kecamatan Karimunjawa Jepara beberapa pulau kecilnya belum mengirimkan kotak suara. Sehingga, jika sampai Kamis siang belum juga dikirimkan, maka akan dikerahkan bantuan transportasi udara untuk penjemputan kotak suara. Joko berharap, pada hari ini seluruh penghitungan surat suara di tingkat kecamatan bisa selesai semua.

“Tapi malam sempat tersendat proses pengiriman kotak suara dari beberapa TPS akibat hujan dan lampu padam. Tapi, pagi ini laporan yang saya terima sudah bisa berjalan lagi, tinggal di Kecamatan Karimunjawa,” kata Joko kepada Radio Idola, Kamis (16/2).

Lebih lanjut Joko menjelaskan, setelah proses pengiriman surat suara dari TPS ke kecamatan selesai, maka ada waktu sampai 22 Februari 2017 untuk penghitungan C1 dan surat suaranya. Nantinya, pada 24 Februari akan dikirimkan ke KPU masing-masing kabupaten/kota untuk dilakukan rekapitulasi dan penetapan pasangan calon terpilih. Setelah itu, masih ada waktu tiga hari untuk menunggu adanya gugatan pilkada atau tidak. (Bud)

Artikel sebelumnyaAsyik, Suku Bunga KPR Turun
Artikel selanjutnyaBawaslu: Ada KPPS di Jepara Bagikan Uang ke Pemilih Langsung Dicopot