Ombudsman Buka Layanan Pengaduan Kecurangan UN Tahun Ini

Semarang, 92.6 FM-Para peserta didik yang duduk di tingkat SMA/SMK sederajat, akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mulai 3-6 April 2017. Kemudian, pada bulan berikutnya giliran peserta didik tingkat SMP sederajat yang melaksanakan ujian nasional.

Asisten Bidang Penyelesaian Laporan dan Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Bellinda Wasistiyana Dewanty mengatakan, sebagai lembaga negara yang memiliki tugas dan tanggung jawab mengawasi pelaksanaan pelayanan publik, maka kesiapan dan pelaksanaan ujian nasional juga tidak luput dari perhatian. Sebab, berdasarkan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, memuat partisipasi masyarakat untuk menyampaikan pengaduan. Salah satunya, terkait dengan pelaksanaan ujian nasional.

Oleh karena itu, jelas Bellinda, para peserta didik diminta peran aktifnya untuk berani melaporkan pelaksanaan ujian nasional jika menemukan pelanggaran. Pihaknya membuka layanan pengaduan terkait pelaksanaan ujian nasional, melalui call center 137 dan SMS pengaduan.

“Ombudsman setiap tahun selalu mengawasi pelaksanaan ujian nasional unntuk menjaga kualitas pendidikan lebih bak. Di Jawa Tengah, kami membuka layanan pengaduan untuk ujian nasional kalau ditemukan adanya pelanggaran,” katanya kepada Radio Idola, kemarin.

Bellinda menjelaskan, ada yang menarik di pelaksanaan ujian nasional tahun ini. Yakni, terdapat sekolah-sekolah yang sejak jauh hari sudah memersiapkan siswa didiknya menghadapi ujian nasional. Bahkan, memastikan perangkat ujian berfungsi dengan baik, termasuk memastikan jaringan terhubung dan tidak ada gangguan.(Bud)

Artikel sebelumnyaPabrik Semen Asing Akan Kuasai Pasar, Jika Pabrik Semen Rembang Gagal Beroperasi
Artikel selanjutnyaKanwil DJP Jateng I: Sudah Terjaring 39.236 WP Ikut TA Dengan Total Harta Dilaporkan Mencapai Rp360,195 triliun

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini