Pasokan Elpiji ke Karimunjawa Terjamin, Ini Kata Pertamina

Semarang, 92.6 FM-Sejak Desember 2016 kemarin, PT Pertamina Marketing Operation Region IV Semarang bekerjasama dengan Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan serta pelabuhan rakyat melakukan pengiriman atau pendistribusian elpiji kepada masyarakata di Karimunjawa Jepara. Proses pengiriman elpiji, baik ukuran tiga kilogram maupun 12 kilogram dilakukan setiap sepekan sekali.

Area Manager PT Pertamina Jawa Bagian Tengah Suyanto mengatakan, untuk pengiriman atau pendistribusian elpiji ke Karimunjawa pihaknya sudah mendapatkan rekomendasi dari syahbandar setempat. Rekomendasi yang diberikan adalah proses pendistribusian elpiji ke Karimunjawa menggunakan kapal kayu yang sudah terjamin keamanannya.

Elpiji yang dikirim ke Karimunjawa, jelas Suyanto, langsung ke pangkalan resmi. Di Karimunnjawa, nantinya sudah ada 17 pangkalan resmi milik Pertamina yang melayani.

“Pendistribusian elpiji ke Karimunjawa saat cuaca tidak bersahabat ini tidak ada masalah, dan masyarakat di sana juga tidak kesulitan mendapat elpiji sesuai kebutuhan. Elpiji ke Karimunjawa langsung diterima pangkalan, sehingga harganya tidak terlalu mahal,” kata Suyanto, kemarin.

Sementara itu, lanjut Suyanto, berdasarkan data dalam setiap pengiriman ke Karimunjawa, jumlahnya mencapai 1.500 tabung untuk elpiji ukuran tiga kilogram. Sedang elpiiji ukuran 12 kilogram sebanyak 20 tabung untuk setiap pengiriman.

Terkait harga, Pertamina mengikuti harga eceran yang ditetapkan Bupati Jepara. Untuk elpiji tiga kilogram, dijual dengan harga Rp23 ribu per tabung, sedang yang 12 kilogram lebih tinggi Rp3 ribu per kilogram dibanding di wilayah Jawa Tengah lainnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaKapolda: Belum Ada Berkas Pemeriksaan Dugaan Politik Uang Yang Masuk ke Polisi
Artikel selanjutnyaMUI Sebut Event Semarak Cap Go Meh di MAJT Tidak Melanggar