PLN Bantu Air Bersih Bagi Warga Terdampak Kekeringan

Cilacap, 92.6 FM–Dampak kekeringan yang meluas di sejumlah wilayah di Jawa Tengah, membuat warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih.

PT. PLN (Persero) memetakan sejumlah wilayah di Jawa Tengah yang mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Salah satunya di Kabupaten Cilacap.

Manajer PLN Area Cilacap Ahmad Muastaqir mengatakan untuk mewujudkan komitmennya peduli terhadap lingkungan, pihaknya memberikan bantuan air bersih di sejumlah daerah kekeringan di Jawa Tengah melalui program “PLN Peduli”. Untuk di Kabupaten Cilacap, PLN menyalurkan bantuan sebanyak 62 tangki air bersih, Kamis (14/9).

Penyaluran bantuan air bersih, jelas Imam, diberikan ke Desa Karangkemiri, Kecamatan Jeruk Legi sebanyak dua tangki atau setara lima ribu liter untuk masing-masing tangki. Bantuan ini adalah bantuan tahap pertama yang diberikan kepada 100 kepala keluarga di lokasi tersebut. Selanjutnya, bantuan 60 tangki air bersih akan disalurkan bertahap ke 22 desa di delapan Kecamatan yang tersebar di Kabupaten Cilacap.

“Pemberian bantuan ini sebagai salah satu wujud kepedulian PLN di saat bencana kekeringan yang melanda di beberapa wilayah di Jawa Tengah. Kami berharap, bantuan ini bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga,” kata Imam dikutip dari rilis yang diterima Radio Idola.

Sementara, Kepala Desa Karangkemiri Purwanto menambahkan, dengan bantuan air bersih ini diharapkan bisa dimanfaatkan warga sebaik-baiknya.

“Kami sangat bersyukur dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PLN yang telah peduli dalam memberikan bantuan air bersih yang saat ini sangat dibutuhkan warga. Semoga bisa dimanfaatkan warga dan menjadi berkah bagi kita semua,” ujarnya.

Selain memberi bantuan air bersih bagi warga di Kabupaten Cilacap, PLN juga memberikan bantuan air bersih di Kota Salatiga. Bantuan diberikan secara bertahap ke empat kecamatan dan satu pondok pesantren dengan total tujuh tangki enam ribu liter air bersih untuk masing-masing tangki.

Pada tahap pertama, PLN menyalurkan dua tangki air bersih ke Pondok Pesantren Al Falah di Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga.

PLN terus melakukan pemetaan beberapa wilayah krisis air bersih, agar bantuan yang diberikan tepat pada sasaran. (Bud)

Artikel sebelumnyaKementerian PUPR Pantau 16 Waduk Utama di Pulau Jawa selama Musim Kemarau
Artikel selanjutnyaDinkes: Anak Jalanan dan Yang di Panti Asuhan Juga Dapat Vaksin MR