Bantu Warga, Polda Jateng Salurkan Ratusan Ribu Liter Air Bersih

Bantuan air bersih
Warga Demak antre mendapatkan bantuan air bersih dari Polda Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah di musim kemarau tahun ini, menyalurkan bantuan berupa air bersih di daerah rawan kekeringan.

Misalnya di Kabupaten Demak, kegiatan penyaluran air bersih dilakukan bersama Polres Demak dan diberikan kepada warga Desa Jali di Kecamatan Bonang.

Kabid Humas Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan pembagian air bersih dilakukan, karena kondisi saat ini musim kemarau dan dampak adanya El Nino. Hal itu dikatakan saat berada di lokasi pembagian air bersih, kemarin.

Menurut Satake, kegiatan penyaluran air bersih dilakukan di seluruh wilayah polres/polresta maupun polrestabes se-jajaran Polda Jateng

Satake menjelaskan, dampak fenomena alam El Nino selama beberapa bulan terakhir menyebabkan kemarau panjang.

Imbasnya, banyak wilayah di Jateng menghadapi bahaya kekeringan.

“Kondisi ini menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih lantaran sumber air bersih seperti sumur berkurang debit airnya dan mulai mengering. Melalui kegiatan sosial pembagian air bersih dalam rangka HUT ke-72 Humas Polri, maka kami terus berupaya memberikan bantuan kepada masyarakat sehingga dapat mengurangi beban dan kesulitan masyarakat,” kata Satake.

Lebih lanjut Satake menjelaskan, untuk di wilayah Demak krisis air bersih telah melanda Desa Jali sejak sebulan terakhir dan mengakibatkan warga kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selain itu, kondisi air sungai di desa tersebut asin dan berbau sehingga warga memilih untuk membeli air bersih.

“Melalui baksos ini dapat mengurangi beban masyarakat mengatasi kesulitan khususnya air bersih. Harapan kita, bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat, apalagi dalam kondisi kemarau panjang saat ini sumber air memang dibutuhkan,” pungkasnya. (Bud)