PLN Sebut Tak Ada Pemadaman Lebih Dari 3 Jam, Kecuali Ada Bencana

Semarang, 92.6 FM-Masa musim hujan sekarang ini sangat rentan terjadinya gangguan jaringan listrik ke pelanggan. Sehingga, sering terjadi pemadaman listrik secara tidak terduga atau tidak terjadwal.

Sebagai upaya mengatasi gangguan jaringan listrik, PT PLN Distribusi Jateng-DIY secara rutin menggelar latihan penanganan pemadaman tak terjadwal. Yakni dengan menggelar zero accident, yang dilakukan pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dalam rangka Peringatan Bulan K3 atau Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2017, di halaman kantor PT PLN Distribusi Jateng-DIY, Jumat (3/2).

General Manager PT PLN Distribusi Jateng-DIY Dwi Kusnanto mengatakan, melalui Apel Akbar Peringatan Bulan K3 Nasional, pihaknya mencoba meminimalisasi lamanya pemadaman akibat gangguan jaringan listrik tidak terjadwal. Beberapa unit area di bawah PT PLN Distribusi Jateng-DIY dilibatkan, di antaranya Area Semarang, Salatiga, Magelang dan Kudus serta Indonesia Power.

Menurut Dwi, dengan secara rutin menggelar latihan penanganan pemadaman tidak terjadwal, maka pelanggan tidak akan dirugikan karena gangguan jaringan terlalu lama.

“Kalau penanganan gangguan yang sebabnya sudah diketahui, maka durasi penanganannya tidak sampai satu jam sampai tiga jam. Tapi kalau sebab penanganannya adalah bencana alam, kami tidak bisa memastikan,” jelas Dwi Kusnanto.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan, di dalam mewujudkan budaya K3 pihaknya meminta seluruh area berinovasi tentang keselamatan kerja. Ia menyebut, salah satu aplikasi keselamatan kerja yang dibuat Area Magelang adalah Aplikasi Manajemen Zero Accident dan Area Pengatur Distribusi Semarang membuat Aplikasi AD Dummy Pengawasan Har 20KV serta Alat Pelindung Diri dari Unit Diklat Semarang. (Bud)

Artikel sebelumnyaPertamina Sebut Tidak Ada Kelangkaan Elpiji 3Kg di Tingkat Pangkalan
Artikel selanjutnyaUlama Jateng Akan Jaga Toleransi Dan Siap Jadi Model Seluruh Indonesia
Wartawan senior Radio Idola Semarang.