“Rindang Jambu Air” Jadi Ikon Kampung Tematik Kelurahan Sembungharjo

Membasmi Lalat Buah

Pohon jambu air sama seperti tanaman lainya yang mudah diserang hama. Binatang yang paling sering menjadi hama adalah lalat buah. Lalat buah akan meninggalkan telur pada saat buah jambu masih muda berwarna hijau.

“Setelah jambu air itu matang berwarna merah, maka telur lalat buah menetas menjadi larva. Kalau sudah begitu jambu pasti busuk dan jatuh,” jelas Akrim.

Akrim melanjutkan, ada cara yang sederhana mambasmi lalat buah itu. Yaitu dengan memanfaatkan limbah botol air mineral sebagai perangkap lalat buah. Pemanfaatan botol mineral efektif mengurangi penggunaan pestisida hama.

Caranya cukup mudah, dengan memotong bagian atas botol air mineral berkisar 5-10 cm. Kemudian ujung kepala botol yang berdiameter lubang kecil dipasang secara terbalik dengan memasukkannya ke badan botol yang telah di potong tersebut hingga membentuk sebuah jebakan diman lalat yang masuk tidak bisa keluar.

“Selanjutnya masukkan kapas kedalam botol dan digantung dengan benang didalamnya. Kapas itu sebelumnya sudah diberi perasan sari-sari yang manis misalnya sari tape untuk aroma agar lalat buah tertarik masuk kedalam jebakan,” urainya.

Setelah semua itu, maka jebakan tinggal digantung di setiap pohon jambu. Minimal 5 botol perangkap lalat buah bisa digantung di satu pohon jambu. (Diaz A)

1
2
Artikel sebelumnyaKPU Sudah Verifikasi Pemilih Yang Belum Masuk DPT Pilkada Serentak 2017
Artikel selanjutnyaPertamina Sebut Kenaikan Konsumsi Bright Gas 5,5kg Karena Kebijakan Ini
Wartawan senior Radio Idola Semarang.