TPKS: Pemda Harus Dorong Pengusaha Setempat Manfaatkan Layanan Yang Ada

Semarang, 92.6 FM-Terminal Petikemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas menjawab tantangan pemerintah pusat dalam hal kontribusi mewujudkan tol laut, program dari Presiden Joko Widodo. Sehingga, distribusi barang dari satu pulau ke pulau lainnya di Tanah Air, menjadi lebih mudah dan memangkas biaya transportasi.

General Manager TPKS Erry Akbar Panggabean mengatakan, sekarang giliran pemerintah daerah untuk bisa mendorong para pengusaha setempat, memanfaatkan sarana yang sudah disediakan TPKS. Sehingga, upaya untuk mewujudkan program tol laut dari Presiden Joko Widodo tidak menjadi sia-si.

Di samping itu, jelas Erry, pemerataan barang antara di Pulau Jawa dengan pulau-pulau lainnya menjadi lebih mudah. Selain itu, upaya menekan biaya logistik juga bisa berhasil.

“Sekarang tinggal bagaimana pemerintah daerah mendorong para pengusaha melakukan aktivitas ekspor impor lewat TPKS. Karena, kami sudah membuka akses untuk jalur distribusi, sayang kalau tidak dipakai,” kata Erry, kemarin.

Erry menjelaskan, di awal tahun ini pihaknya menambah dua kapal sandar, yaitu SITC Surabaya dan Wana Bhum. Sehingga, total kapal sandar di TPKS berjumlah tiga armada dan melayani pelayaran internasional.

Ketiga kapal itu melayani rute Hochiminh-Jakarta-Semarang-Makassar-Xiamen-Qingdao-Shanghai-Ningbo. (Bud)

Artikel sebelumnyaTanamkan Toleransi Sejak Dini, Siswa PAUD Diajak Kunjungi Kelenteng
Artikel selanjutnyaTernyata Pedagang Cabai Harus Cari ke Madura Untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat