4 Ambulan Motor Disiagakan di Jalur Mudik Rawan Kemacetan

Semarang, Idola 92.6 FM – Bid Dokkes Polda Jawa Tengah menyiagakan empat sepeda motor ambulan, di titik-titik jalur mudik tahun ini. Sepeda motor ambulan itu disiagakan, sebagai pertolongan pertama bagi pemudik yang membutuhkan.

Kasubdit Bid Dokkes Polda Jateng AKBP dr. Ratna Relawati mengatakan unit ambulan motor yang disiagakan itu, sebagai layanan kesehatan untuk bisa menembus kemacetan di jalur mudik. Terutama, jalur-jalur mudik yang diprediksi mengalami kepadatan kendaraan.

Menurutnya, berdasarkan pengalaman pada tahun sebelumnya, terutama di wilayah Brebes Timur saat Lebaran 2016 lalu, sepeda motor menjadi solusinya. Sebab, jika menggunakan mobil tidak akan mampu menembus kemacetan.

Ratna menjelaskan, setiap polres di Jateng juga sudah menyiagakan ambulan motor dengan jumlah yang bervariasi. Sehingga, pihaknya hanya memertebal di wilayah yang belum dijangkau polres terdekat.

“Jadi, sebetulnya ambulan motor yang ada di Bid Dokes ini sifatnya hanya penebala. Kalau di masing-masing polres sudah ada. Bid Dokes Polda Jateng menyiapkan empat ambulan motor, dua ditempatkan di Manyaran, dan masing-masing satu di Slawi dan Gandulan. Tujuannya tentu untuk memberikan pertolongan, karena kita antisipasi kalau macet,” kata dr. Ratna, Rabu (6/6).

Lebih lanjut Ratna menjelaskan, ambulan motor akan memberikan pertolongan pertama kepada pemudik yang membutuhkan. Misalnya pertolongan yang hanya bersifat assessment, baik keluhan sakit ringan maupun tabung oksigen jika diperlukan.

“Motor ini lebih cepat menolongg korban kecelakaan atau pelayanan kesehatan lainnya,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSudirman: Ayo Obah Sudah Jadi Virus Perubahan di Jateng
Artikel selanjutnyaPLN Jateng-DIY Beri THR 500 Anak Yatim