Sudirman: Ayo Obah Sudah Jadi Virus Perubahan di Jateng

Semarang, Idola 92.6 FM – Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan, gerakan “Ayo Obah” untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Tengah. Gerakan “Ayo Obah” itu merupakan duplikasi dari “OKE OCE” milik Anies-Sandi di Jakarta.

Gerakan “Ayo Obah” sudah melakukan pelatihan kewirausahaan di 573 kecamatan di seluruh Jateng secara serentak, dan tindak lanjut dari kegiatan Training of Trainers yang sudah terselenggara di 35 kabupaten/kota di provinsi ini.

Menurut Sudirman, kegiatan pelatihan kewirausahaan ditargetkan sudah terjadi di 8.599 desa di Jateng hingga mendekati Lebaran tahun ini.

Sudirman menjelaskan, gerakan “Ayo Obah” merupakan program pengorganisasian, partisipasi dan konsolidasi potensi usaha masyarakat. Terutama, untuk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang menjadi sasaran dari gerakan “Ayo Obah”.

Hingga saat ini, jelas mantan menteri ESDM itu, sudah ada tiga rribuan pelaku UMKM yang tergabung di gerakan “Ayo Obah”.

“Yang paling penting adalah membangkitkan minat, sudah itu dicari solusi teknisnya. Saat ini saya belum punya otoritas. Tapi nanti setelah duduk sebagai gubernur dan wagub, kita tinggal menjalankan saja karena programnya sudah terbentuk. Yang kita berikan tentu saja adalah pendampingan, permodalan, pemasaran sampai pada pembangunan pusat logistik,” kata Sudirman di Semarang.

Lebih lanjut Sudirman mengajak kepada masyarakat di Jateng yang memiliki usaha atau keinginan untuk berwirausaha, bisa bergabung di gerakan “Ayo Obah”. Sebab, ada manfaat yang bisa didapat dari gerakan tersebut. (Bud)

Artikel sebelumnyaGanjar: Saya Yakin Tol Fungsional Batang-Semarang Lancarkan Pemudik Dari Jakarta
Artikel selanjutnya4 Ambulan Motor Disiagakan di Jalur Mudik Rawan Kemacetan