Kapolda: Kami Siap Amankan Tahapan Rekapitulasi Pilgub Jateng 2018

Semarang, Idola 92.6 FM – Menjelang rekapitulasi suara Pilgub 2018 pada 7-9 Juli nanti, Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mendatangi kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (4/7).

Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono mengatakan dirinya sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Ketua KPU Joko Purnomo, terkait dengan pengamanan yang akan dilakukan pada saat proses rekapitulasi.

Menurutnya, karena seluruh komisioner KPU kabupaten/kota se-Jateng diundang datang beserta para saksi dari masing-masing pasangan calon (paslon), maka upaya pengamanan diperlukan. Termasuk, rekayasa lalu lintas di depan kantor KPU Jateng Jalan Veteran jika menimbulkan ketersendatan.

Kapolda menjelaskan, pihaknya juga membahas tentang situasi keamanan setelah pilkada di beberapa daerah di Jateng. Khususnya, yang juga menyelenggarakan pilkada. Karena, ada beberapa daerah yang berpotensi kisruh akibat selisih dan penghitungan suara. Sehingga, kepolisian perlu membuat langkah-langkah antisipatif.

“Tegal Kota sudah selesai, dan Temanggung juga sudah selesai. Dua wilayah itu yang selama ini kita pertebal kekuatan, karena Tegal Kota itu selisihnya tipis. Kemudian di Temanggung juga isunya mau unjuk rasa besar-besaran, jadi kekuatannya kita pertebal di sana. Pengamanan tetap kita serahkan ke masing-masing polres, dengan kekuatan satu SSK,” kata kapolda.

Lebih lanjut Condro menjelaskan, untuk proses selanjutnya diserahkan kepada mekanisme KPU Jateng sebagai badan penyelenggara. Namun demikian, bila ada pihak atau pasangan calon yang keberatan dengan hasil pilkada bisa menempuh jalur hukum. (Bud)

Artikel sebelumnyaIngin Kuasai Pasar Dalam Negeri, Pelaku IKM Didorong Jualan Lewat Online
Artikel selanjutnyaBidikmisi Berdaya Saing

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini