Ingin Kuasai Pasar Dalam Negeri, Pelaku IKM Didorong Jualan Lewat Online

Semarang, Idola 92.6 FM – Direktur IKM LMEA Kementerian Perindustrian Endang Suwartini mengatakan menjamurnya toko-toko online semisal Bukalapak.com maupun Tokopedia.com, harus bisa dimanfaatkan para pelaku industri kecil dan menengah (IKM) untuk menggaet calon pembeli. Hal itu dikatakannya ketika membuka Workshop e-Smart IKM di Hotel All Stay Semarang, Rabu (4/7).

Menurutnya, sudah waktunya para pelaku IKM Tanah Air mengambil peran untuk menguasai pasar dalam negeri. Khususnya untuk produk logam, mesin, elektronika dan alat angkut.

Endang menjelaskan, dengan keunggulan sebagai produk lokal maka masyarakat juga diajak untuk ikut mengangkat perekonomian daerah. Sehingga, pasar dalam negeri tidak dikuasai produk-produk impor.

Dengan mengundang sejumlah praktisi di bidang e-commerce, jelas Endang, para pelaku IKM bisa belajar tentang bisnis melalui toko online. Termasuk, nantinya juga bisa mengembangkan produknya melalui perbaikan proses bisnis dan mengenal aplikasi pencatatan keuangan dari Bank Indonesia.

“Banyak pelaku IKM bisa jualan online. Produknya bisa mendominasi produk-produk yang sekarang ada di online shop. Ya tentu saja pasarnya lebih luas, karena bisa diakses dari segala penjuru. Orang tinggal klik bisa tahu produknya. Jadi, kita dorong mereka karena ini produk lokal,” kata Endang.

Lebih lanjut Endang menjelaskan, pihaknya juga mencoba mengedukasi pelaku IKM tentang pentingnya teknologi digital dan pemenuhan standar dari sebuah produk.

“Kita lakukan pendampingan dan juga bintek kepada para pelaku IKM. Harapannya, produk mereka bisa terjaga kualitas dan kuantitasnya. Kita juga coba satukan program pendampingan dari pemerintah pusat dan daerah,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaGo-Food Dorong Mitranya Buka Cabang Secara Offline
Artikel selanjutnyaKapolda: Kami Siap Amankan Tahapan Rekapitulasi Pilgub Jateng 2018

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini