Aplikasi Kalender Rob Dari Undip Bisa Mudahkan Masyarakat Pesisir Mitigasi Bencana

Semarang, Idola 92.6 FM – Peneliti senior Pusat Kajian Mitigasi Bencana dan Rehabilitasi Pesisir (PKMBRP) Undip Denny Nugroho mengatakan aplikasi kalender air pasang atau rob, mampu memberikan informasi kepada masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir langganan rob.

Aplikasi kalender air pasang itu dibuat, jelas Denny, untuk memberikan informasi kepada masyarakat pesisir mengenai ketinggian air laut. Sebab, dampak dari air rob mengakibatkan kerusakan di daerah pesisir laut di Pulau Jawa.

Menurutnya, aplikasi yang berbasis Android itu sudah bisa diunduh secara gratis di Apps Store.

Denny menjelaskan, aplikasi kalender rob tersebut bisa menjadi semacam early warning system atau peringatan dini bagi masyarakat pesisir tentang air pasang. Sehingga, masyarakat yang tinggal di daerah kawasan pantai bisa melakukan antisipasi untuk keselamatan dan keamanan.

“Fungsinya untuk melihat ketinggian air laut. Jadi, manfaat bagi masyarakat itu terutama masyarakat yang sudah langganan terhadap bencana banjir air pasang itu bisa memprediksikan kira-kira pada jam dan tanggal berapa akan ada banjir pasang atau rob. Sehingga, bisa diantisipasi. Jadi, kalau rob apa yang harus mereka lakukan. Misal memindahkan barang-barangnya,” kata Denny, Senin (5/11).

Sementara itu, Analis Cuaca Stasiun Maritim Ahmad Yani, Ganis Erucahyo memerkirakan jika kawasan Pantura Jawa Tengah mewaspadai peningkatan air pasang selama November 2018.

Menurutnya, peningkatan rob pada November bisa mencapai 1,1 meter dan berpotensi memicu banjir ketika curah hujan tinggi.

“Masyarakat yang tinggal di daerah rawan rob, misal Kaligawe Semarang dan Sayung Demak, harus waspada sejak awal. Puncak maksimal rob akan muncul pada pukul 01.00 dini hari hingga 05.00 pagi,” ucap Ganis. (Bud)

Artikel sebelumnyaGrand Maerokoco Targetkan Setengah Juta Lebih Wisatawan Yang Datang
Artikel selanjutnyaBagaimana Menyusun Peta Jalan Menuju “World Class University”?