Awasi 171 Pilkada, KSN Gandeng Semua Pihak Ikut Turun Tangan

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN) Sofian Effendi mengatakan guna meningkatkan pengawasan pelaksanaan pilkada di 171 daerah, pihaknya mencoba menggandeng banyak pihak untuk ikut mengawasi, tidak hanya Bawaslu saja. Sebab, saat pilkada banyak penyalahgunaan dari para ASN dan kepala daerah atau petahana yang menggiring para ASN.

Selama dua tahun ini, KSN menjalin kerja sama dengan Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan Pilkada di seluruh Indonesia.

Menurutnya, sampai dengan saat ini sudah ada 69 laporan pelanggaran dari para ASN yang diterima Bawaslu di sejumlah provinsi di Pulau Jawa.

“Menghadapi pilkada tahun ini dan pilpres tahun depan, merupakan tantangan besar bagi kita yang bertugas menjaga netralitas para ASN. Tahun ini ada 171 daerah yang menggelar pilkada, tidak mungkin Komisi ASN saja kita harus menjaring seluas-luasnya dengan pihak lain untuk mengawasi,” kata Sofian di Semarang.

Sofian menegaskan, para ASN di 171 daerah yang menggelar pilkada untuk tetap menjaga netralitasnya. Sebab, jika ASN tidak netral, maka akan mengganggu pelayanan kepada masyarakat. (Bud)

Artikel sebelumnyaPepsodent Ajak Masyarakat Waspadai Diabetes dan Kerusakan Ginjal dengan Perhatikan Kesehatan Gigi dan Mulut
Artikel selanjutnyaPunya Potensi Kekayaan Batik, Sudirman: Saya Akan Jadikan Jateng Sebagai Sentra Produksi Batik Dunia