Punya Potensi Kekayaan Batik, Sudirman: Saya Akan Jadikan Jateng Sebagai Sentra Produksi Batik Dunia

Semarang, Idola 92.6 FM – Batik di Jawa Tengah cukup dikenal di seluruh Indonesia. Bahkan, beberapa sentra batik terdapat di wilayah Jateng. Di antaranya Pekalongan, Surakarta dan juga Lasem.

Calon Gubernur (Cagub) Sudirman Said mengatakan dengan potensi kekayaan kain batik yang luar biasa tersebut, dirinya mempunyai pikiran untuk menjadikan Jateng sebagai sentra produksi batik dunia. Karena, kain batik Jateng kaya corak dan makna.

“Tidak ada provinsi lain yang batiknya sekaya Jawa Tengah, dan layak kalau nanti Jawa Tengah kita doron menjadi pusat produksi batik dunia. Kita coba akan angkat ke dunia internasional. Ini semua bisa kita kembangkan ke depan,” kata Sudirman di Semarang.

Lebih lanjut Sudirman menjelaskan, agar potensi budaya batik Jateng bisa berkembang dan menjadi perhatian dunia, maka perlu ada dorongan masif dari pemerintah. Mulai dari penyediaan bahan baku, permodalan sampai dengan membuka pasar batik Jateng.

“Batik Jateng perlu kita dorong. Karena perajinnya kesulitan bahan baku, ya kita upayakan. Kalau masalahnya modal, kita dekatkan dengan perbankan,” ujarnya.

Sudirman menjelaskan, apabila upaya menduniakan batik Jateng berhasil maka akan berdampak pada sektor lain. Salah satunya adalah penurunan angka kemiskinan di Jateng. (Bud)

Artikel sebelumnyaAwasi 171 Pilkada, KSN Gandeng Semua Pihak Ikut Turun Tangan
Artikel selanjutnyaPanwas Jepara Tak Mau Diajak Salam, Ganjar: Ada Yang Aneh, Kok Silaturahim Diputus
Wartawan senior Radio Idola Semarang.