Bangsawan Malaysia Temui Gubernur, Siap Sumbang 22 Sapi Untuk Idul Adha

Semarang, Idola 92.6 FM – Keluarga kerajaan Malaysia melalui Yayasan Raja Sakti At Thomim Sunan Kalijaga bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (10/8). Kedatangan bangsawan asal Negeri Jiran itu, dalam rangka untuk menyumbangkan 22 ekor sapi bagi warga Jateng, terutama di Kabupaten Demak.

Salah satu putra dari Raja Sakti At Thomim Yang Mulai Datu Tuan Raja Azhar Bin Yang Mulia Datu Raja Wahab, Mohamad Sahrulnizam Bin Mat Rashid mengatakan pada Idul Adha tahun ini lewat Yayasan Raja Sakti At Thomiim Sunan Kalijaga, keluarganya akan menyumbangkan 22 ekor sapi. Ke-18 ekor sapi akan diberikan kepada Pemkab Demak, dan dibagikan kepada warga setempat. Sedangkan sisanya yang empat ekor, diserahkan kepada Gubernur Ganjar Pranowo untuk dibagikan ke wilayah lain.

Menurutnya, kegiatan serupa juga sudah dilakukan di wilayah Gowa, Tidore dan Aceh. Sementara untuk tahun ini, Kabupaten Demak mendapat giliran berikutnya.

Sahrulnizam menjelaskan, dipilihnya Demak karena masih ada kekerabatan kesultanan. Sehingga, dengan jalinan kekerabatan yang dimiliki, pihaknya merasa perlu adanya rasa saling berbagi.

Selain menyumbangkan 18 ekor sapi, lanjut Sahrulnizam, pihaknya juga akan menggelar “Keduri Rakyat” yang akan digelar di Pelataran Makam Sunan Kalijaga di Kadilangu, Demak.

“Tidak lain kita ke sini merintis kembali silaturahim antara dulu negeri-negeri di Malaysia dan di Jawa Tengah. Nanti pada 25 Agustus kita sumbangkan 18 ekor sapi di Demak. Kami juga akan menyantuni anak yatim dan mereka yang tidak mampu di Demak,” kata Sahrulnizam.

Sementara itu, Gubernur Ganjar Pranowo mengaku berterima kasih atas sumbangan hewan kurban untuk warga Demak pada khususnya. Ia juga tak lupa menitip salam dan ucapan terima kasih kepada Raja Sakti At Thomim Yang Mulai Datu Tuan Raja Azhar Bin Yang Mulia Datu Raja Wahab.

Khusus sumbangan empat hewan kurban untuk gubernur, jelas Ganjar, akan disalurkan ke beberapa daerah di provinsi ini.

“Kira-kira ini CSR dari keluarganya dan diberikan kepada masyarakat di Jawa Tengah. Bahkan, sampai membuat yayasan di Demak dan setiap Jumat membagikan makanan kepada masyarakat di sekitar yayasan,” ucapnya.

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan hubungan baik ini bisa membuka ruang komunikasi yang lebih banyak lagi. (Bud)