BPBD Akan Gandeng Pawang Hujan Untuk Atasi Kebakaran Gunung

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Pelaksana Harian BPBD Jawa Tengah Sarwa Pramana mengatakan tiga gunung di Jateng, dalam sepekan mengalami kebakaran. Yakni lereng Gunung Sumbing, Sindoro dan Lawu.

Luasan areal lahan yang terbakar di lereng Gunung Sumbing dan Sindoro, jelas Sarwa, mencapai 542 hektare. Sedangkan lereng Gunung Lawu yang terbakar, hanya 5,5 hektare.

Menurutnya, sampai dengan saat ini upaya pemadaman masih terus berlangsung dengan cara manual dan melokalisir api agar tidak meluas sampai ke permukiman penduduk.

Sarwa menjelaskan, karena sulitnya memadamkan api menggunakan cara tradisional dan tidak bisa menggunakan water boombing, maka pihaknya mengimbau BPBD di daerah sekitar ketiga gunung tersebut, memanfaatkan keahlian pawang hujan setempat. Tujuannya, jika mampu mendatangkan hujan dan hujan turun dengan durasi satu sampai dua jam, maka kebakaran di lereng gunung bisa teratasi.

“Kondisi saat ini memang belum bisa dipadamkan, tentunya yang kita antisipasi kalau siang jangan sampai masuk ke rumah penduduk. Yang saya bisa dorong adalah memerintahkan kalak di Karanganyar, Temanggung, Wonosobo dan Kabupaten Maagelang coba menggunakan kearifan lokal menghadirkan pawang hujan. Karena kalau pakai water boombing yang pesawat itu, engga mungkin sebab tidak ada kanal-kanal air yang dekat dengan debit air cukup,” kata Sarwa, Kamis (13/9).

Sarwa lebih lanjut menjelaskan, dengan merangkul atau menggunakan kearifan lokal melalui jasa pawang hujan, diharapkan upaya pemadaman kebakaran di lereng gunung bisa berhasil. (Bud)

Artikel sebelumnyaPemimpin Hebat Bisa Berasal Dari Manapun
Artikel selanjutnyaBagaimana Mengawal dan Memastikan Tidak Adanya Pemilih Ganda dalam Pemilu Raya 2019?